Minggu, 03 April 2011

Contoh Situs Website Viral Marketing

www.bisnisbaru.net

Iklan viral atau iklan virus adalah situs periklanan yang menggunakan sistem viral marketing atau pengembangan jaringan. Setiap member mengembangkan jaringannya dengan mencari downline. Bukan komisi uang yang didapat jika berhasil mensponsori member lain, tapi manfaatnya ada pada iklan yang dipasang.

Setiap iklan yang dipasang akan terpasang juga pada web replika downlinenya. Semakin banyak jaringan di bawahnya, semakin menyebar pula iklan yang dia pasang. Di sinilah kekuatan jaringan berperan.

Bisa dikatakan ini adalah backlink gratis untuk website atau blog anda. Pada situs ini, backlink tidak hanya didapat dari downline anda saja, tapi pada web replika sponsor anda juga. Tentunya ini sangat bermanfaat dan saling menguntungkan.



www.subservientchicken.com

Situs ini merupakan situs viral marketing yang sukses, yang dibuat oleh Burger King ketika mempromosikan chicken burgernya. Dengan hit yang mencapai 40 juta dalam seminggu, Viral ini tak sekedar menciptakan buzz di US namun bahkan topeng ayamnya juga sempat menjadi merchandise yang paling dicari!

Sandwich TenderCrisp pertama kali diiklankan menggunakan karakter Subservient Chicken di iklan disebut Subservient Chicken Vest. Komersial ini adalah yang pertama dalam serangkaian iklan untuk sandwich memanfaatkan garis promosi viral marketing oleh Crispin Porter + Bogusky untuk Burger King. Dalam iklan itu, seorang pria sedang duduk di ruang tamunya mengarahkan seseorang dalam setelan ayam untuk berperilaku dengan cara apapun yang ia inginkan. Baris tag adalah "Ayam seperti yang Anda suka." Menurut Jeff Benyamin, Direktur Eksekutif Kreatif di CP + B, kampanye berevolusi dari ide televisi menjadi satu interaktif. Setelah sukses Subservient Chicken, Burger King yang digunakan beberapa karakter dalam kampanye iklan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar