Kamis, 07 Januari 2010

Tugas 5

Perbandingan dari Repeater, Hub, Switch, Bridge, dan Router

a. Repeater
Reapeter adalah perangkat yang berfungsi untuk memperpanjang jangkauan jaringan dengan cara memperkuat isyarat elektronis. LAN yang menggunakan repeater bisa memperpanjang jangkauannya samapi 20 km, dengan memasang repeater setiap 2,5 km.

b. Hub
Hub adalah perangkat yang bekerja pada lapisan fisik (layer 1) pada model OSI. Hub alat penghunbung antar komputer, semua komunikasi hanya dilewatkan oleh hub. Hub digunakan untuk sebuah jaringan yang sederhana. Hub mempunyai kecepatan transfer data sampai dengan 100 Mbps, tetapi lebih lambat dari switch yang kecepatannya hingga 1 Gbps.

c. Switch
Switch adalah perangkat jaringan yang bekerja pada OSI layer 2, pada data link layer. Walupun switch bentuknya sama dengan hub kita tidak menyebutnya switch hub. Switch itu bukan hub. Sitch menggunakan MAC address untuk memilih paket data mana yang akan diteruskan ke port mana. Tabrakan masih mungkin terjadi namun sudah diminimalisir. kecepatan switch hingga 1 Gbps.

d. Bridge
Bridge adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segen jaringan. Jaringannya beroperasi didalam lapisan data-link pada model OSI. Bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti token ring dan ethernet.

e. Router
Router adalah alat yang bertugas untuk mengantarkan paket data dalam jaringan. Router dapat digunakan jika tersambung paling tidak dengan dua jaringan yang berbeda sehingga pengaturan tersebut membutuhkan sebuah router. Melindungi jaringan anda dari pemakai-peakai yang tak berhak dengan cara membatasi akses terhadap data anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar